Wednesday, July 4, 2012

Akhirnya...

 Haloooo Jakartaa.. 

Kembali dalam cerita pendek yang akan gw tuangkan di dalam blog ini.. Apa kabar dengan kondisi indonesia dan jakarta yang sekarang ini ya? dengan adanya berbagai hal yang terjadi saat ini, gw suka bingung dengan kisah dan berita yang ada..mungkin ada berita yang diheboh2kan karena untuk menutupi berita heboh sebelumnya..tapi yaudah lah yaa, mau gmn juga kita hanya bisa melihat,mendengar,memantau dan berusaha untuk kluar dari kondisi negara yg seperti ini walau itu susah.. 

Ngomong2 tentang berita ataupun kisah..ada kabar gembira dan berita baik serta kisah yang menarik yang mau gw bagi atau ceritakan untuk kali ini...apakahhh itu?? Sedikit berbicara tentang cinta, cinta itu bisa terbentuk kapan saja ketika hati sudah merasakan suatu bentuk yakin dan nyaman akan seseorang. Sebagai seorang pria berbanggalah gw bisa memberikan cinta gw kepada seorang wanita yang tepat menjadi pasangan gw, bahasa lainnya menjadi tulang rusuk gw sebagai laki2.. 

Sosok wanita sudah pernah gw bahas dalam tulisan gw sekitar 2 bulan lalu yang bejudul Wanita oh Wanita.. “ Terima kasih untuk siapapun itu yang pernah mengisi gw didalam hatinya..Wanita inilah yang membuat gw semakin kuat,tegar, berpikir,mencoba lebih dewasa,mencoba lebih bijak dan arif dan keep positive.” Dari kutipan kalimat diatas gw berusaha untuk mengucapkan kata demi kata itu dengan niat tulus dari hati gw..Karena tanpa seorang waita gw bukan siapa2.. 

Nahhhhh, ngomong2 soal wanita nie..saat ini alhamdulilah akhirnya gw memiliki wanita pujaan hati yang selama ini gw cari*lebay* tapi percaya ga percaya gw melihat satu sosok perilaku yang jarang gw temui kalau gw lagi jalan atau hang out saya tmn wanita atau tmn2 gw..mauu tau apaa???coba tebakkkk???:p:p 

Sosok wanita ini membuat gw akhirnya jatuh cinta dengannya, entah kenapa jujur bukannya sombong sebelumnya gw juga pernah deket dengan beberapa orang yang mana ceritanya gw dicomblangin gt lah..tapi chemistry dan first impression gw nya blm total kali yaa..tapi dengan wanita yang satu ini gw coba untuk maju terus pantang mundur..gw mencoba berjuang sendiri untuk dekat denganya dan mencari tahu tentangnya dari semua lika liku cerita dari dia,jalan sama dia, dan semua itu gw lakuin sendiriiii:(:( karena gw bingung harus minta saran k siapa a.k.a gw ga kenal deket dengan tmn2nya..hahahha

 Pertama, gw dikenali oleh temen gw yaitu Nova (Seorang wanita kekasih sahabat gw Beni yang sudah pergi meninggalkan kita dsini sementara waktu untuk study k ausy), yang mana nova kenal dengan wanita ini ternyata ga kenal deket2 banget..ternyata wanita ini adalah temennya temen nova..(panjang amat ya, smoga ga ribet) yang mana tmn nova itu adalah Muti…Siapakah Muti??? Muti adalah istri seorang manager suksess(Bcanda Seng) yang bernama Iman a.k.a Aseng alias Anak Srengseng..dan pada saat pdkt itu gw blm kenal deket dengan muti dan aseng.. 

 Balik lagi k usaha pdkt gw yang gw coba sendiri, akhirnya gw bisa main krumahnya dan bertemu dengan orangtuanya..(Bahasa Betawinya : Emak en Babe) lalu gw ketemu juga sama adik2nya yang ada 3 orang yaitu Sasya, Kika, dan Oka..(karena wanita ini anak pertama)Bermain2 lah gw drumahnya dengan adiknya. Main kartu uno sampe k kartu remi dan main sulap2an kartu..(Ga jelas yaa*tapi ini cara jitu lhoh*). Setelah semua itu dijalani dan dilalui akhirnya ketemulah tanggal tepatnya gw menjalin hubungan dengan nya..(Ini pun tadinya gw bingung mau tanggal 26 atau 27)hahhaha..:))) ada2 ajee yeee…Yang bener dan tepat akhirnya tanggal sudah ditentukan yaitu tanggal 27 Juni 2012..tanggal ini adalah tanggal dimana gw mengikat komitmen dengan seorang wanita manis dan cantik, memiliki paras menawan, Memiliki hidung pesek(karena kacamata merosot trus), suka ngomong pliss dehh ki, dan orang betawiiii aslii a.k.a pendukung FOKE..huahhaha 

Beberapa hari gw menjalani hubungan komit ini memang sudah ada pembahasan2 yang mengarah jauh ke depan, ada beberapa hal yang selalu wanita ini tanyakan k gw..terkadang gw bingung harus jawab apa karena gw penen banget jawab bisaaaaaaa…tapi itu butuh waktu dan kondisi yang pas dan dibukakan jalan oleh Allah SWT..Gw Cuma bisa berdoa dan berusaha serta membuat wanita ini yakin sama gw karena gw pun ga main2 (serius dan bertanggung jawab) akan hubungan gw ini. Dan pada akhirnya gw Cuma mau berharap kalau memang wanita ini jodoh gw mohon dilancarkan jalannya ya Allah..amiiinnnnnn 

Note : Cerita ini adalah cerita dimana saat ini gw lagi jatuh cinta pada seorang wanita yaitu SR..(Nanti anda juga akan tau siapa wanita ini..hahahha)Tunggu cerita kedepannya setelah ini yang mana adalah setelah jatuh cinta itu ada tahapan dimana kita harus membangun cinta dan mempertahankan cinta..Semoga smua ini bisa terjalin dengan baik, aman , selamat,lancar, dan barokah..aminnnn 

Salam Si Pemimpi, 

 Rafki Chandra W

Wednesday, May 9, 2012

Tips Dalam Wawancara Psikotes

Halo jekardahh..saya mendapat info menarik dari salah satu rekan blooger dan saya mau mengutipnya..Semoga berguna dan bermanfaat buat kita semuanya..
"Wawancara adalah bagian dari proses penerimaan karyawan yang sering kali membuat banyak orang merasa ketar-ketir. Berbeda dengan proses lainnya misalnya psikotes atau tes keterampilan yang mungkin masih bisa ditebak, wawancara sama sekali tidak terduga, baik mengenai karakter pewawancara maupun pertanyaan yang akan diajukan. Satu hal yang pasti, proses wawancara mempunyai tujuan tertentu. Bisa saja dimaksudkan untuk lebih mengetahui keterampilan teknis yang dimiliki pelamar, mengetahui kepribadian pelamar, atau sekadar mengetahui kemampuan pelamar menangani berbagai situasi yang berbeda. Wawancara biasanya dilakukan untuk melengkapi hasil tes tertulis. Hal-hal yang tidak mungkin diperoleh dari tes tertulis akan digali melalui proses wawancara. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk benar-benar menguasai bidang pekerjaan yang Anda lamar, sehingga pertanyaan apa pun yang diajukan dapat dijawab dengan memuaskan. Meski sama-sama menguji pengetahuan, namun wawancara sedikit lebih sulit karena Anda harus mampu mengungkapkan pengetahuan tersebut secara verbal. Sering kali Anda mungkin paham seratus persen materi yang akan ditanyakan. Namun karena Anda gugup, kurang percaya diri, dan tanpa persiapan, semua pengetahuan Anda mendadak buyar. Tidak ada cara lain untuk dapat menguasai kemampuan verbal ini kecuali melatihnya terus-menerus. Berlatihlah dengan seorang rekan untuk mengantisipasi semua kemungkinan pertanyaan yang akan dilontarkan pewawancara. Wawancara Tak Terduga Menghadapi wawancara mengenai bidang kerja, mungkin tidak terlalu menyulitkan. Yang sukar jika "topik" wawancara sama sekali tidak jelas dan tak terduga. Hal ini kerap dilakukan untuk mengetahui kepribadian si pelamar. Kerap kali, jika Anda telah sampai pada tahap wawancara sebenarnya secara kualitas Anda telah memenuhi persyaratan untuk diterima di perusahaan tersebut. Tinggal lagi persoalan cocok-tidak cocok. Dan tidak ada jalan lain untuk menentukan hal ini selain berinteraksi langsung melalui wawancara. Repotnya, tidak ada standar mengenai wawancara "cocok-cocokan" ini, karena sangat tergantung perusahaan masing-masing. Apa yang bisa Anda lakukan ialah membuka mata dan telinga lebar-lebar, mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kebiasaan di perusahaan tersebut. Tidak ada salahnya Anda bertanya kepada resepsionis, satpam, atau tukang parkir sekalipun untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan di tempat tersebut. Namun, beberapa hal prinsip yang dapat Anda pegang, pewawancara mana pun kurang menyukai orang yang terlalu tertutup. Usahakan memberikan informasi sejelas-jelasnya mengenai apa yang ditanyakan oleh pewawancara. Jangan pasif, sebaiknya usahakan aktif memberi informasi. Jangan mengesankan Anda menyembunyikan sesuatu, namun Anda juga jangan terlalu berlebihan dan menyampaikan hal-hal yang tidak relevan. Tetaplah tenang dan mengatakan yang sebenarnya. Ada juga tipe pewawancara yang "telah kehabisan ide", yang mencoba-coba memberikan pertanyaan yang terkesan menyelidik, misalnya "jika Anda sebuah pohon, Anda ingin jadi pohon apa?" atau : jika Anda adalah seorang atlet terkenal, kira-kira menjadi siapakah gerangan Anda?" Terhadap pertanyaan begini, berikan jawaban yang panjang-lebar dan pastikan bahwa pewawancara akan merasa bosan sehingga ia akan segera menghentikan pertanyaannya. Namun ingat, usahakan jawaban Anda selalu mengindikasikan karakter yang kuat, ulet, dan bersemangat, karena perusahaan mana pun selalu menyukai orang demikian. Berbagai Kondisi Ada kalanya wawancara juga dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan Anda menghadapi dan menangani berbagai situasi. Untuk yang jenis ini Anda mungkin menghadapi pewawancara yang akan mendiamkan Anda begitu saja selama 5-10 menit sebelum memulai percakapan. Mungkin juga ia akan berpura-pura tidak peduli dan membaca koran ketika Anda masuk, atau ia akan mengajukan bantahan-bantahan yang tidak masuk akal terhadap setiap jawaban Anda, atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan konyol tentang keluarga Anda, dan banyak trik lain. Menghadapi kondisi begini, prinsip utama yang harus Anda pegang adalah Anda benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut, sehingga apa pun yang terjadi Anda akan menghadapinya dengan baik. Jika Anda dicuekin, tetaplah bersikap sopan. Katakan "Saya tertarik dengan pekerjaan ini dan bermaksud menjelaskan kepada Bapak/Ibu mengapa Anda harus mempertimbangkan saya untuk posisi ini." Jangan sampai terpengaruh dengan sikap pewawancara yang mungkin tampak aneh. Usahakan tetap tenang dan berpikir positif. Tanamkan dalam benak Anda bahwa hal ini hanyalah bagian dari proses yang wajar sehingga Anda tidak perlu merasa sakit hati atau kecewa. Nah, selamat menghadapi wawancara. "
Terima kasih sebelumnya. Sumber : http://tips-lamarankerja.blogspot.com/2008/03/tips-dalam-wawancara-psikotes.html

Friday, April 27, 2012

Wanita oh Wanita..

Haloooo Jakartaaaa...Sore, Macet, Jumat..Fiuuhhhh.. Lama ga berjumpa didalam dunia blog..Akhirnya saya kembali menuliskan apa yg bisa saya tulis..wahhahahha.. Kali ini mengenai Wanita..Kenapa Wanita? Ada apa dengan Wanita? Apa yang membuat Wanita selalu ada dalam pikiran saya? Siapa Wanita tersebut? Seperti apa Wanita tersebut? Itu adalah pertanyaan yang terbesit didalam pikiran ini guys..Wanita adalah sosok makhluk Allah diciptakan untuk berdampingan berpasangan dengan seorang Pria. Wanita adalah sosok yang selalu ada dalam keseharian gw dari awal gw lahir berteriak teriak hingga saat ini..Wanita yang selalu memberikan gw kasih sayang secara total dari gw kecil hingga sekarang..Wanita adalah sosok yang memberikan gw pengalaman baik dan buruknya hidup ini..Wanita adalah seorang yang mau merawat dan membimbing serta menjaga gw dari lahir hingga saat ini..Wanita juga adalah sosok stronger yang menjadi panutan akan sesuatu hal dalam kehidupan..Dan Wanita juga yang membuat keseharian gw menjadi warna warni yaitu senang,gwmbira,tertawa,tersenyum,sedih,galau, dan meneteskan air mata. Begitu banyak hal mengenai wanita yang lewat didalam detik-detik kehidupan gw..Mengalir dan melaju terus seperti air, selalu datang dan pergi tanpa ada kata basa basi. Wanita selalu ada dan ada menemani hari hari yang gw lalui. Begitulah adanya wanita yang ada dalam kehidupan gw. Wanita adalah cinta. Cinta yang selalu ada didalam hati,pikiran dan sanubari setiap pria..Wanita selalu memberikan cinta pada gw..Entah mengapa Cinta yang diberikan oleh wanita itu beragam..Wanita ada yang sangat tulus memberikan rasanya kepada gw..She's my Mom..Love u Mom.. Wanita ada juga yang menyayangi gw dengan tulus apa adanya dan memberika pengalaman dan bantuan dalam khiduapan gw, meski terkadang pertengkaran itu slalu ada..She's my Sister..Ada lagi sposok wanita mungil yang lucu, menggemaskan, imut, unuuu2, dan membuat hari2 gw sekarang jadi bahagia kalau pulang / sampe rumah..She's my niece..Zyva Aqilla Raeesa...Dia yang membuat gw tersenyum dalam kesedihan.. Dan ada juga wanita yang selalu mengisi khidupan percintaan yang gw lalui..Ada beberapa momen dalam hidup gw yang gw lalui dengan Wanita dalam hal percintaan..Kalau anak sekarang bilang Beybb a.k.a Pacar atau pasangan kita..Gw mencoba menjalani hubungan dengan orang2 yang ada didekat gw a.k.a pacar gw yang mana gw mendapatkan banyak pengalaman dan hal tentang bagaimana menyayangi dan mencintai seseorang dengan tulus..Terima kasih untuk siapapun itu yang pernah mengisi gw didalam hatinya..Wanita inilah yang membuat gw semakin kuat,tegar, berpikir,mencoba lebih dewasa,mencoba lebih bijak dan arif dan keep positive..Dan gw mau minta maaf kepada Wanita yang pernah mengisi gw didalam hatinya jikalau gw pernah membuat salah slama ini, karena gw juga bukan manusia sempurna..:) Walau bagaimana pun seseorang akan menemukan pasangannya yang sudah dituliskan oleh Allah jauh sebelum kita ada hidup didunia ini..Wanita adalah tulang rusuk kanan nya pria. dan saat ini hingga kedepannya kita lihat saja siapakah tulang rusuk kanan kita..Apakah dia, dia, atau dia? atau mungkin juga kamu,kamu, atau kamu? Pada intinya kita ga tau siapa yang akan jadi pasangan hidup kita..Wanita mana yang beruntung mendapatkan gw ya...??*gaya sambil promosi*hahahhah Yang jelas let it flow aja..Allah akan kasih yang terbaik untuk gw dan siapapun yang mau berusaha dan berdoa didalam agamanya allah.. Sekian yang bisa gw tulisin kali ini.. Dah sore juga, Dah mau magrib..Pulang dulu ya.. Salam Sukses, Rafki Chandra W S.Kom.,MM

Friday, March 9, 2012

Saran Rancangan Strategi Penjualan Ritel Pada PT. Asuransi Wahana Tata

Kebutuhan akan jasa asuransi semakin dirasakan, baik oleh perorangan maupun dunia usaha di Indonesia. Asuransi merupakan sarana finansial dalam tata kehidupan rumah tangga, Baik dalam menghadapi resiko yang mendasar seperti resiko kematian atau dalam menghadapi resiko atas harta benda yang dimiliki. Menurut Kornelius Simanjuntak selaku Ketua Dewan Asuransi Indonesia menyebutkan seiring dengan adanya bencana seperti gempa, tsunami, dan gunung meletus yang sering terjadi di Tanah Air maka pentingnya asuransi bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya asuransi masyarakat dituntut untuk bisa mengelola dan mengantisipasi risiko agar dapat hidup berdampingan dengan alam tanpa rasa was-was. (Koran Kompas, 27 April 2011).
Akibat terjadinya dampak krisis global pun membuat pelaku bisnis asuransi akan gencar membidik pasar ritel serta usaha kecil dan menengah. Krisis menyebabkan pertumbuhan premi asuransi turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya (Kompas, 15 Juni 2009). Menurut Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata mengatakan, agar bisnis ritel di Indonesia bisa berkembang maka distribusi keagenan harus lebih ditingkatkan lagi. Karena karakteristik produk asuransi ritel di Indonesia membutuhkan personal approach untuk bisa meyakinkan orang bahwa produk tersebut sangatlah penting.
Sampai saat ini belum ada laporan spesifik mengenai kontribusi keagenan asuransi umum terhadap pertumbuhan bisnis industri, terutama terhadap pemasaran produk-produk ritel asuransi umum. Produk-produk asuransi kendaraan bermotor saja contohnya, untuk jenis ritel saat ini kebanyakan dipasarkan melalui leasing.
PT. Asuransi Wahana Tata sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi umum yang melayani masyarakat juga harus mampu menghadapi persaingan yang cukup ketat dengan perusahaan asuransi lainnya. Agar PT. Asuransi Wahana Tata dapat bertahan dan berkembang dengan baik, maka PT. Asuransi Wahana Tata juga harus dapat menciptakan strategi penjualan retail dalam menjual dan memasarkan produk ritel, baik dalam hal jenis produk, harga maupun segmen yang dituju sehingga dapat menghasilkan produk yang mampu bersaing.
Untuk memperkuat pemasaran dan penjualan produk saat ini awal nya dapat memfokuskan untuk me-maintain / memelihara customer yang sudah ada terlebih dahulu / eksisting dan seiring berjalannya akan melakukan perluasan pasar untuk masuk ke pasar baru.
Penanganan polis-polis eksisting yang dianjurkan untuk kedepannya adalah ketika ada customer eksisting yang akan mengajukan renewal polis atau perpanjangan polis membuat sesuatu menjadi lebih efisien dari segi waktu dan memberikan pelayanan terbaik serta memberikan sesuatu (Gift/merchandise) yang dapat meninggalkan kesan baik akan perusahaan dan peningkatan word of mouth yang akan menjadi salah satu kekuatan promosi dari PT. Asuransi Wahana Tata.
Efisien dari segi waktu itu dapat dengan cepat tanggap untuk melayani dan memberikan jawaban akan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh customer eksisting. Dalam melakukan penjualan personal, Asuransi Wahana Tata dapat mempersiapkan para sales-nya mengenai product knowledge yang lebih baik lagi dengan cara memberikan training atau pelatihan secara berkala, kemudian membuat / melengkapi / memahami standar operasional prosedur yang bertujuan untuk melayani calon customer dengan kemampuan product knowledge yang berkualitas dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh calon customer.
Sikap, perilaku dan pelayanan yang diberikan oleh sales mewakili kredibilitas perusahaan secara umum di hadapan pelanggan. Sales yang dapat berkomunikasi secara langsung dan personal dengan pelanggan memiliki kesempatan untuk meyakinkan customer atas kualitas jasa asuransi yang disediakan oleh perusahaan. Selain itu, agen juga dapat menjelaskan tentang hal – hal yang kurang di pahami oleh pelanggan sehingga dapat lebih mudah dalam menentukan jenis polis asuransi yang mana yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan mereka. Aktivitas lain yang dapat dilakukan yang dapat dilakukan yaitu dengan cara telemarketing. Tujuan utama dari telemarketing itu sendiri yaitu untuk mengingatkan para pemegang polis akan tanggal jatuh tempo dari polis yang mereka miliki, hal ini dilakukan karena memang tidak sedikit pemegang polis yang tidak terlalu sadar dengan tanggal jatuh tempo polis asuransi mereka. Kemudian tujuan kedua dari kegiatan telemarketing adalah untuk meyakinkan para pemegang polis agar tetap menggunakan asuransi Wahana Tata untuk produk-produk yang dimiliki oleh Asuransi Wahana Tata khususnya Aswata Kencana dan Aswata Kirana. Selain itu, kegiatan telemarketing juga dapat menampung keluhan – keluhan yang dialami oleh para pemegang polis, hal ini dapat berkesinambungan dengan adanya fasilitas Costumer Service yang disediakan oleh perusahaan.
Kemudian aktivitas lainnya melalui media internet.. Dengan menggunakan media internet Asuransi Wahana Tata dapat melakukan aktivitas merek (Brand Activation) melalui keterlibatan produk-produk yang dimiliki oleh Asuransi Wahana Tata khususnya Aswata Kencana dan Aswata Kirana kepada konsumen yaitu dengan cara menggabungkan konsep jaringan media sosial (Social Media Network) seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Website,dll dengan produk Aswata Kencana dan Aswata Kirana.
Strategi promosi produk retail Aswata adalah untuk jangka pendek yang sebaiknya dilakukan oleh PT. Asuransi Wahana Tata sesuai dengan anggaran yang terbatas yaitu aktivitas promosi below the line seperti memberikan pelatihan secara berkala kepada para sales mengenai product knowledge sehingga informasi yang ada diperusahaan akan sampai kepada calon pelanggan dengan jelas dan dapat meyakinkan pelanggan atas kualitas jasa asuransi yang disediakan oleh perusahaan, Kegiatan promosi penjualan lainnya yaitu membuat suatu event internal atau eksternal perusahaan dengan mengundang para pelanggan untuk turut serta dalam event tersebut. Contohnya adalah mengadakan lomba atau melakukan corporate social responsibility (CSR) dengan bekerjasama dengan media (media cetak, radio, TV, online), Melakukan aktivitas dengan media (media cetak, radio , TV, online) yaitu dengan membuat press conference, pidato yang bertujuan untuk membangun, mengembangkan, dan mempertahankan corporate identity (identitas perusahaan), event - event yang berhubungan dengan produk retail yang akan dijual seperti event otomotif untuk produk Aswata Kencana dan event properti untuk produk Aswata Kirana yang dapat mempermudah pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang ditawarkan oleh PT. Asuransi Wahana Tata. Dari kegiatan tersebut PT. Asuransi Wahana Tata juga dapat memberikan potongan premi atau memberikan bonus produk (merchandise) sehingga dapat menarik minat masyarakat apabila ingin menggunakan PT. Asuransi Wahana Tata dalam mengasuransikan produk-produknya yang dimiliki oleh calon pelanggan. Kemudian untuk jangka panjang PT. Asuransi Wahana Tata sebaiknya menggunakan jalur promosi melalui above the line yaitu seperti media televisi, radio untuk memperkenalkan lagi produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada masyarakat, memperluas pasar untuk calon pelanggan baru, untuk memperkenalkan produk baru atau inovasi baru yang dilakukan oleh perusahaan, memperkuat image perusahaan di pasar. Karena dengan melalui jalur promosi ini PT. Asuransi Wahana Tata dapat menjangkau hampir seluruh masyarakat yang ada di Indonesia dan juga jalur promosi ini sudah digunakan oleh sebagian perusahaan yang bergerak di asuransi kendaraan bermotor.
Pola untuk menangani agen yang dapat dilakukan oleh PT. Asuransi Wahana Tata dapat dengan menyediakan dan memberikan ruang atau tempat untuk para agen mengerjakan pekerjaannya beserta dengan fasilitas yang dibutuhkan oleh para agen tersebut. Agen yang berprestasi dan memiliki produksi mencapai target dapat diberikan reward tersendiri untuk agen tersebut karena itu juga dapat menjadi kebanggaan dan kenyamanan dengan apa yang dicapai oleh agen tersebut. Untuk peningkatan produk knowlegde untuk melayani calon pelanggan dengan kemampuan product knowledge yang berkualitas dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh calon pelanggan PT. Asuransi Wahana Tata dapat memberikan in house training kepada para agennya dan juga dapat memberikan para agen maupun sales/marketingnya dengan training-training seperti cara bernegosiasi,mengelola customer, me-maintain customer, mempromosikan produk-produk yang dimiliki Aswata. Untuk in house training ini dapat juga bekerjasama dengan media untuk peningkatan promosi perusahaan dan jalinan kerjasama dengan media-media. Penanganan lainnya untuk agen, PT. Asuransi Wahana Tata dapat membuat event gathering untuk lebih mengakrabkan para agen dengan pihak PT. Asuransi Wahana Tata.
Dan yang terakhir dapat membuat penghargaan lainnya dengan membuat agent of the month atau agent of of the year. Informasi mengenai penghargaan ini dapat masukkan di berita / news PT. Asuransi Wahana Tata internal dan dipajang di sales office masing-masing.
Produk lainnya yang PT. Asuransi Wahana Tata miliki seperti Asuransi Personal Accident (PA) dan Asuransi Tanggung Gugat (Liability) dapat masuk ke pasar retail. Untuk Asuransi Personal Accident dapat diikutsertakan atau menjadi perluasan pada produk lainnya yang dimiliki oleh PT. Asuransi Wahana Tata yaitu contoh perluasannya dengan produk Aswata Kencana dan Aswata Kirana. Untuk penjualannya jadi dapat dilakukan secara bersamaan. Untuk produk Asuransi Tanggung Gugat (Liability) strategi penjualannya dapat bekerjasama dengan asuransi properti. Penjualan dapat dilaksanakan dengan menjual ke perusahaan pengelola gedung atau bangunan serta proyek konstruksi.
Demikian penulisan mengenai strategi penjualan ritel ini, semoga bermanfaat untuk pembaca. Atas perhatiannya terima kasih.

Ditulis Oleh,



Rafki Chandra W

Tuesday, January 10, 2012

Finally I Got it...

Halooo Jekardaaahhhhh....

Lama ga nulis nie dan beberapa saat vacuum dari blog ini untuk menulis,merangkai, dan menuangkan apa yg ada dipikiran ini akhirnya gw kembali dengan senyuman, keceriaan dan kebahagian.Karena apa gw bisa bahagia??

Dimulai dari Juni 2010 gw memutuskan untuk melanjutkan studi lagi di Binus University a.k.a Binus Business School..Biar berasa keren aja kali yaa..hahahah
Disinilah akhirnya gw memutuskan untuk melanjutkan kuliah gw lagi yaitu Magister Manajemen. Susah payah lulus S1 dibinus karena salah ambil jurusan yaitu IT, akhirnya gw ga mau ambil resiko lagi untuk kedepannya..Hati kecil sebetulnya mau ambil Magister Communication,karena sudah tutup pendaftaran di beberapa kampus ternama lainnya jadi diputuskan akhirnya MM..

Awal mulanya seneng menjalaninya, sangat seneng bahkan yang dijalani..Pada awal kuliah gw masih bekerja sebagai Marketing Promotion di salah satu publishing / media cetak ternama yang memproduksi majalah Cinemags,Gamestation,Animonster dll dibawah PT. Megindo Tunggal Sejahtera bersama kawand2 seperti Mika,Mega,udjo,mas Ade,Mas Frans,Gita,Deny,Mas jodie, Luthfi,dll..

Selama beberapa saat gw dsana gw bertemu dengan orang2 yang handal dibidangnya...mantaapplahh itu..hahahhah..Beberapa saat menjalani masa kerja dan kuliah yang bersamaan dsana gw agak susah bagi2 waktunya..kaerna waktu kerja yang ga bs gw sesusaikand engan jam kuliah karena kuliah gw yang setaiap hari dan itu malam hari dari jam 18.30 - 21.30. Kondisi inilah yang kadang membuat gw telat dating kekampus dan juga sulie untuk mengerjakan tugas..Kondisi 5L(Lelah,Letih,Lesu,Lemas dan Langsing*Lhoh*) yg gw rasa selama gw jalanin ini. Dan pada akhirnya gw memutuskan untuk resign dari kantor gw dan berusaha untuk menyelesaikan kuliah gw dengan fokus.
Beberapa bulan akhirnya gw mengalami fokus kuliah bersama dengan teman2 yang ada di MMYP Binus Business School yaitu ada Agna,Sandria,Yuni,Inez,Frita,Panji,Mina,Hendra,Dhika,Kisra,dan lain2..Didalam kelas gw ditunjuk sebagai kompti kelas a.k.a ketua kelas. Dan di perjalanan selama kuliah akrena sering membahas studi kasus maka dibuatlah kelompok2 kecil untuk presentasi dan tgs2 lainnya. Dan gw sekelompk sama tim sangat solid kalau menurut gw..yaitu SAYUNARA TEAM..yang beranggotakan SAndria, YUni,agNA, RAfki. Alhamdulilah kami melewati 3 semester bersama2 satu kelas di MB1.

Sampai pada akhirnya pada saat dibulan Februari 2011 gw diterima lagi untuk bekerja di perusahaan asuransi kerugian yaitu PT. Asuransi Wahana Tata. Perusahaan yang gw piker awalnya gw harus menggunakan pakaian formal untuk bekerja dengan Kemeja,Celana Bahan,Sepatu Pantofel, dan Dasi. Itulah yang harus gw akhirnya jalani hingga kini dari kantor yang sebelumnya gw alami cukup bebas berbusana selama gw kerja dimedia.
Beberapa bulan awal gw jalani cukup nyaman karena gw dapat dispensasi untuk bias Kerja sambil Kuliah dikantor ini oleh bos gw. Disinilah akhrinya gw mengajukan untuk mengambil tesis gw untuk Final Kuliah gw. Gw mengalami masa dag dig dug duarrr awalnya karena harus memutuskan untuk memilih dan mengambil tesis gw seperti apa. Dan akhirnya gw memutuskan untuk mengambil consulting project bersama rekan gw evan. Dibinus saat ini untuk pengambilan tesis dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Research(1 Orang), Consulting Project(2 Orang), Business Model Creation(3 Orang).
Akhirnya setelah 3 Term gw menjalani kuliah untuk menggapai gelar MM ini, akhirnya memasuki term 4 sudah sendiri2 karena sudah harus fokus tesis. Senangnya bisa mengenal semua teman2 yang ada di MB1 MMYP, Bisa vacation bersama 2 kali perjalanan yg gw rasain. Pertama ke bandung yang rencananya 20 orang akhirnya Cuma 5 orang..dan itu tetep brangkat..mantaaappppp!!!:) Dan yang kedua akhirnya lebih banyak yaitu 15an orang jalan2 ke bogor main krmh agna dan anki. Senangnya bisa jalan2 bersama teman2 sekalian. Kangen banget masa2 itu..kapan lagi y abs bgitu..hehehe..


Selanjutnya back to tesis, akhirnya fokus untuk tesis pun gw jalanin walaupun sambil kerja dan sangat2 harus menyemangati diri untuk bisa bangkit dan bangkit mengerjakannya. Semangat naik turun itu pasti gw rasain..Yang gw alami pun persentase fokus mungkin 70% untuk kuliah(Tesis), 30% untuk Kerja. Susah2 gampang harus bagi2 waktunya..
Menjalani masa 4 bulan tesis seperti dikarantina di Akademi Fantasi Indonesia(AFI) kayak acara idol di Indosiar jaman dahalu..hahahhah*Lebay* Seneng ,Ceria,Pusing, Stress, Keram Otak, semua dirasakan kali ya..hehehhe..Trus dijalani hingga melewati sidang proposal yang dbantai oleh penguji dan banyak revisinya, lalu tembusin tantangan dari dosen pembimbing yaitu Pak Gabriel dengan bantuannya lah akhirnya banyak perubahan yg significant. Judul tesis yanggw angkat dalam penelitian gw ini adalah STRATEGI MARKETING COMMUNICATION TERHADAP PELANGGAN DIRECT RETAIL PRODUK ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR PADA PT. ASURANSI WAHANA TATA. Disini gw akhirnya memutuskan untuk membahas penelitian gw dibidang yang mau gw tekuni yaitu Marketing Communication. Dan gw mengambil penelitian ini dikantor gw sendiri pada saat ini. Alhamdulilah semua sangat mensupport gw dan Evan dalam penulisan ini hingga akhirnya tibalah saatnya waktu sidang datang..Sidang pun gw alami dengan rasa da dig dug duarrr jugaa..walaupun tidak begitu deg2an sperti waktu sidang S1. Dan asetealah hampir 2 jam gw didalam ruangan sidang akhrinya gw dipanggil untuk keputusan hasil sidang. Dan akhirnya gw diputuskan LULLUUUUSSSSS....Alhamdulilah ya allah. Dan akhirnya gw gw sekarang mendapatkan apa yang selama ini gwjalani dengan susah payahh...yaitu Gelar Master of Management (M.M)


Senengnya ga bisa ditahan untuk hal yang satu ini. Gw mau membuktikan aja ke keluarga gw kalau gw juga bisa menyelesaikan tugas yang satu ini dan dapat membuat orang tua gw bahagia akan hal ini.
Finally, I Got It

Best Regards,

Rafki Chandra, S.Kom.,MM

Monday, July 18, 2011

Forum Marketing Aswata 2011


Selamaatttt siang jakartaaa.....

Apakah keseharian anda yang telah anda lewati adalah hari2 yang membanggakan??atau kah hari yang menjadi bahan pemikiran setiap saat yang selalu ada masalah yang dilalui dan diselesaikan.

Beberapa saat yang lalu kantor saya yaitu Asuransi Wahana Tata - salah satu perusahaan asuransi umum yang sudah berdiri sekitar 46 tahun di jagat raya ini - mengadakan event internal yang dinamakan FORUM MARKETING. Forum Marketing ini sudah diadakan beberapa kali,tapi dalam kurun waktu yang lama sudah tidak berjalan dan baru dapat diadakan kembali pada tahun ini yaitu tahun 2011. Event forum marketing ini mengambil tema “ Meningkatkan Kerjasama Seluruh Jajaran Marketing dan Pemasar Asuransi Wahana Tata untuk Mewujudkan Pelayanan Terbaik bagi Curtomer-nya”.  Dimana audience yang hadir dalam acara ini adalah dari Ass-MAn hingga Manager /  Kepala Cabang yang ada di seluruh Jabotabek.

Untuk meningkatkan kinerja marketing sebagai baris depan dan menjadi ujung tombak peperangan dalam memenangi market share dalam duni asuransi umum. Acara dibuka dengan makan siang bersama sama dengan para direksi.Setelah makan siang berlanjut dengan sesi acara berikutnya yaitu Acara Seminar bersama Bapak Suhartono yaitu Presiden Direktur dari F.I.F yang memberikan motivasi bagaiamana memiliki leadership yang baik dan memiliki cara komunikasi yang baik secara vertikal maupun horizontal.

Secara singkat,padat dan jelas isi dari persentasi pembicara seminar ini tertuang didalam benak kita semua, sangat memotivasi dan memberikan inspirasi kepada semua yang ada di dalam acara tersebut. Pembicara memberikan gambaran tentang pengalaman selama berada di F.I.F dan juga bagaimana menjadi seorang leader yang baik dan dapat mengambil keputusan yang tepat.

Setelah waktu bergulir dan acara seminar motivasi pun selesai dengan ditutup oleh pembicara berlanjut dengan coffee break selama 20 menit.Setelah itu masuk ke sesi acara berikutnya yaitu Sesi Pembahasan dan diskusi pemaparan marketing dan sales Department dan Cabang Jabotabek yang berjalan cukup tegang. Disela-sela itu pembahasan semakin mendetail yang diarahkan oleh ibu direksi dan pak hilman. Moderator juga memberikan batasan2 waktu untuk setiap pemapar materi-materi.

Setelah berjalannya waktu pemaparan dan diskusi dilanjutkan dengan pengumuman – pengumuman. Lalu dilanjutkan dengan acara ramah tamah sambil makan malam bersama – sama. Acara selanjutnya dari forum marketing yang akan emndatang adalah untuk para pro manager hingga staf marketing jabotabek.

Tuesday, June 14, 2011

Bulai Mei dan Juni 2011

Halooooooooooooo Jakartaaaaa.......
Halooooo Indonesiaaaa.....
Haloooooooo Asiiiiaaaaaaaa.....
Halloooooooo Duniaaaaaaaaa......

Lama ga nulis blog lagi niee...skrg ini mau nulis apa yaaa...bingung jg yaaaa...hahhahaha...
Gw coba untuk berbagi dari apa yang sudah gw alami dibulan Mei hingga Juni ini kali yaaa.....
Berawai dari bulan mei yang mana menjadi bulan nya orang2 gemini(kalau ga salah yaa)...Melewati bulan Mei cukup ceriaaa walaupun tugas pada saat ini bener2 lagi gilaa bangetttt...kuliaahhh ohh kuliahhh...adaa apa dengan kuliaahhh sayaa di term 3 ini???knp tugas bgitu membludak ya...huuffhhh..tapi tetepp di jalani dinikmati dan diselesaikan pastiinyaa...smua itu harus dikerjakan demi masa depann pastinyaa...Disela-sela tugas yang menumpuk dan banyak itu gw coba memilah milah dan membagi bagi waktu primer dan sekunder dari kehidupan gw...gw coba bagiii semaksimal mungkin dengan semangatttt selaluu dan berpikir kalau yang gw jalani ini adalah suatu proses untuk kesuksesan di masa depann...Capek,lemas,letih lesu,dll semua harus dihadapiii...dan ga bisa memaksakan kehendak pgn maiiinnnn,pengenn nongkrong sama tmn2 pastinyaa....coba untuk mengerti keadaan ini dan mencoba slalu menikmatii...
Mei adalah bulan kelima dalam siklus taunan yang slalu kita lewati...diawal bulan mei gw yang lama ga ktemu dengan sobat lama gw yaitu Yunita a.k.a Nyuunn2 akhirnya bertemuu lagi dirumah yaa...kalau ga salah tepatnya malam minggu tanggal 8 mei...wahhh ini adalah tanggal gw dimana bercerita panjang lebar tentang segala hal dan bgitu juga dia yang bercerita tentang khidupannya karena sudah lama ga bertemu...sampe pada satu titik dmn kita membicarakan tentang percintaan yang berujung gw akhirnya dkenali dengan temennya..seorang wanita yang akhirnya bermula dgn BBMan pada mlm itu walau hanya sejenak...
Banyak hal yang gw dapat setelah malam itu..gw akhirnya dikenali dan bertemu..kita bertiga jalan main trus makan gitu dan itu pun menyenangkan dengan apa yang dijalani....Seiring berjalannya waktu semua hal itu berjalan mengalir seperti air yang ada di bengawan solo...aliran itu pun membuat suatu kenyaman dan klik akan apa yang gw jalanin sama si tmnnya Nyunn2..Menjalani hari di bulan mei bersama dosskiii cukup menyenangkan awalnya walaupun pada akhirnya ga kayak di film2 yaitu happy ending...tpi ini Sad Ending..walau mungkin itu sad ending buat gw...doskiii mungkin ga sedih atau mungkin sedih cuma sebentar dan dikit bangettt..wahahhahah...*biarlah gw sotoy...*
Tapi itu yang gw jalanin selama di bulan mei...Ending nya itu berakhir dengan dia balik lagi sama mantannya yang gw jg ga tau knp bisa sampe sgitunyaaa...apakah gw bisa ngomong kalau doskii berlebihan???kenapa bisa sampe bgitu???apakah ada sesuatu yang terjadi dengan hubungan doskii dengan si mantan??tapi yaudah lahh yaaa semua itu sudah ada jalannya dari allah..dan gw percaya a akalu allah bahkan sangat percaya kalau allah akan memberikan yang terbaik buat gw..dan mungkin doskii bukan yang terbaik buat gw...mencoba dengan berusaha dan berdoa gw jalanin slama ini tapi yang menentukan itu khan Sang Maha Esa tentunya...
Tapi gw sekarang dah mencoba untuk tetapp tegar,happy,ceria,semangatt dan bahagia lagiii..karena si wanita itu a.k.a si doskii dah ga tau gw khidupannya dan saat ini pun mungkin allah dan membuka hati  dan pikiran gw dari kbutaan akan cinta...paraaaaaaaaaaahhh dahh emanggg....Doskii ga tau cuma mau mainin gw atau apapun alasannya gw tapi da menerima semua itu dan gw cukupp atau sangatt  kecewa ya enaknya????hahhahahha...yaaa yang jelasa rasa kecewa itu pasti adaa...tapii gw ga bisa stuckk disini aja..gw masih harus menjalani hidup gw ini..ga bisa gw diem dtempat tanpa ada langkah maju untuk khidupan gw yang dimasa mendatang...gw masih harus semangaaattttt menjalani kuliah gw dan juga kerjaan gw yang notabennya lebih pentingggg dari pada mikiran orang yang belum tentu mikirin gw....hahhahaha...SEMANGAAATTT DAN SEMANGAAATT KIIII.....
Ternyata untuk saat ini seharusnya gw berbangga masih punya keluarga yang support gw dan sayang  gw karena ga semua orang bisa mendapatkan ituu..dan alhamdulilahh bagaimanapun itu gw masih dberikan ilmu agama yang buat gw semoga ga kluar arah dan jauh dariMU ya ALLAH...

Memasuki bulan Juni, apa yang gw jalani yaa....????
Bulan Juni hingga hari ini sudah memasuki hari yang ke 14....dimana baru melawati setengah dari bulan Juni...Tapi gw akan bercerita tentang apa yang terjadi sampai hari k 14 ini....gw akhirnya selesai dengan doskiii karena ga bisa di lanjutkan lagi kata doskii karena dia sayang bgt sama org lainn...BULLSHIT!!!!!..hahahhahha..(iseng aja gw pgn nulis itu..hahahha)..Kejadian itu tepat berakhir ketika gw bisa dari resepsi sahabat gw AGNA dan BAYU...malamnya gw bertemu dan slese sudahh....tepatnya tanggal 5 Juni..tapi yaudah lahh yaaa ini pelajaran aja buat gw...pelajaran gw dapet banyak bgt ketika gw bisa mengenal si Doskii...si doskii a.k.a Si nona "H"...hahhahah...siapa yaa diaa??*lhohhh*:)))kidding dulu ahh..wahahahha
Dan gw mencoba bangkit untuk hal ini semua sampai hari iniii..smoga allah kasih jalan terbaik buat gw..amiinnn...gw sharing k tmn gw yang namanya Letta dan juga ada VEVE si temen MC gw yang diajak sama dia pas kmaren di pameran Komputer FKI...hahhahah..*thx ya ve..mereka memberikan saran yang ga jauh berbeda dan menguatkan gw..waahahahha...*yakin kii kuat???Wahahaaahah
ya smoga allah bisa kasih jalan gw yang baik dan lurusss..amiiinnnn
Dan Kelas kuliah di smester 3 ini pun sudah habisss pada malam tadiii...Kelas terakhir dari Pak Gabriel dosen strategic management...3 semester berlalu bgitu cepat..kangennnnn dehh pastinya masa2 iniii...kangen kalian semua wahaiii teman2 seperjuangan di MM Yapis Binus....sukses bersama yaa tmn2....:) Keep in touch yaaa...Keep Contact juga ya tmn2...hehehhehe....Kelas berakhir tapi masih ada UAS smt 3 ini..semangaaatt kiiii....harus semangatt menghadapi UAS minggu depan ini...semoga lulus smua yaaa..Pak dan Ibu Dosen smoga baikkkkk yaaa nilainya dan lulusss A smuaa...aaaammmmmmiiiinnnnnnnnN!!!!!!!!!!!!!.....
Setelah gw menyelesaikan UAS gw baru lahh gw slanjutnya memasuki babak baruuuu lagii niee...Yiatu THESIS.....smoga di smester 4 ini tesis gw selesaaiiii dengan tepat waktuuu dan diberikan allah aman selamat lancar barokahh..amiiinnnnn:D

Doakan saya yaa semuanyaaa..smoga lulus dgn lancar,tepat waktu dan mendapat nilaii A...amiinnnn!!!

Sekian dulu kali ya saya bercerita pada hari ini....smoga berguna dan dapat memotivasi anda smua..agar bisa mendaji manusia yang berguna dan bermanfaat dan selalu memiliki rasa ambisius untuk maju dan suksess dimasa kini maupun masa mendatangg..amiinnnnn..:)



Salamm SUUPPERRRRRRRRRRRRRR,

Rafki Chandra a.k.a AKIIII