Wednesday, April 20, 2011

Nissan Ohhh Nissan...Domain Ohh Domain...


Nissan Motor Co.  Versus Nissan Computer...



Ada apa ya ribut antara Nissan dan Nissan...Jadi ternyata ada banyak nama Nissan dan Nissan..Seperti nama kebanyakan Wanita yaapp..Ada yang namanya Annissan Sriwati,Nissan Agustina,dll...(Bcanda lohhh..Maksudnya Nissa kalau nama wanita..hehehe)
Langsung masuk ke topik utama kalau gitu dehh...
Kenapa sie Nissan dan Nissan ini??Ada Apa ya dengana Nissan??Kenapa domainnya??
Apa sie doamin itu???
Nama Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet.

Berawal Pada tahun 1995, Nissan Motors Co. a.k.a Datsun pada jaman dahulunya ,meminta melalui surat yang dikirimkan kepada Uzi Nissan.Siapa sie Uzi Nissan ini??Sampe bisa berurusan dengan Perusahaan Besar sekelas Nissan Motor Co.
Uzi Nissan ini adalah pemilik Nissan Computer,Salah seorang keturunan Amerika Israel,Jadi surat yang dikirimkan itu  untuk menyerahkan domain (alamat di Internet) nissan.com dan nissan.net karena Nissan Motors Co. merasa bahwa Nissan Computer tidak berhak memiliki domain tersebut dan akan dituntut sebagai dengan dakwaan  menduduki domain yang tidak sepantasnya diduduki atau isitlah kerennya cybersquatting.

Sebenarnya ini kesalahan dari Nissan Motors Co. sendiri karena  terlambat memesan domain nissan.com dan nissan.net. Uzi Nissan tidak mau menyerahkan domain miliknya tersebut, Nissan Motors Co. menuntut Nissan Computer atas US Anticybersquatting Consumer Protection Act dengan nominal senilai $10.000.000 dan juga hak eksklusif atas domain nissan.com dan nissan.net.

Berlanjut ke  tahun 2002, opini yang dikeluarkan oleh California Superior Court ( pengadilan tinggi kali ya maksudnya.......)dan the US Ninth Circuit District Court menyatakan bahwa sebenarnya  Uzi tidak memiliki niat jahat ketika membeli domain Nissan.com dan Nissan.net, dan sebelumnya Uzi Nissan mengajukan pembelaan karena nama “Nissan” adalah nama keluarganya, sehingga ia juga memiliki hak atas domain tersebut. 

Namun pengadilan tetap memerintahkan Nissan Computer untuk tidak menggunakan kedua domain tersebut karena alasan komersil dan juga memberikan pelarangan untuk memasang iklan yang menjelekkan pihak Nissan Motors Co. dalam domain tersebut. Walaupun isu kepemilikan domain yang tidak sepantasnya dimiliki memihak kepada Nissan Motors Co. , namun domain yang diperebutkan tidak diserahkan kepada Nissan Motors Co. yang mengakibatkan pihak Nissan Motors Co. untuk mengajukan mosi naik banding pada tahun 2005 dan ditolak oleh pengadilan.

nah itulah melihat dari kasus yang ada kenapa saya katakan domain itu berharga dan dapat mengakibatkan permasalahan.
1.     1. Berandai2 diasumsikan bila menjadi seorang advisor untuk kasus sidang Nissan Motor Co. vs Nissan Computer Corp. bagaimana membantu memutuskan kasus ini dan juga mengapa Nissan Motor Co. Sangat prihatin tentang domain ini?
Sebagai seorang Advisor Kerugian ini dibenarkan karena keprihatinan Nissan Motor itu terlihat tidak adanya respon dari Nissan Computer terhadap surat yang dikirim oleh Nissan Motor yang  mana salah satu marketing tools adalah website yang dapat membantu customernya Nissan Motor untuk dapat mengetahui detailnya lewat online dan customer Nissan Motor pasti akan mencoba mencari di search engine dengan mengetik Nissan atau Nissan.com.Dan domain Nissan.com dan Nissan.net ini sangat mempengaruhi pemasaran dan promosi bagi Nissan Motor.

2.     2. Garis Besar Etika yang diambil Uzi Nissan pada kasus ini :
Etika yang terjadi dalam hal ini adalah Uzi Nissan secara logis itu tidak apa karena domain tersebut digunakan ketika tidak ada yang memiliki.Tapi dilihat dari sisi lain Nissan Computer melakukan pelanggaran cybersquatting terhadap Nissan Motor dengan menggunakan domain Nissan.com.Dan juga Nissan Computer menggunakan logo yang mirip dengan Nissan Motor pada website yang digunakan yang membuat customer / pengunjung bingung jadi seperti mengeksploitasi kebingungan customer yang mengakibatkan keuntungan dengan mendapat adsense pada website tersebut.
3.    3. Garis Besar Etika yang diambil Nissan Motor Co. pada kasus ini :
Karena Nissan Motor adalah perusahaan yang sudah lama berdiri dan memiliki brand yang sudah ternama maka dari itu Nissan Motor mengajukan penawaran terhadap Nissan Computer untuk memberikan domain Nissan.com kepada Nissan Motor.Tapi disini Nissan Motor juga kurang sadar / lalai / ceroboh dalam mlihat potensi terhadap pasar yang mana menjadi salah satu tools dalam marketing.
Kecerobahan atau kelalaian itu terjadi karena telat memdaftarkan namanya brandnya untuk dimasukkan kedalam domain. Ini mengakibatkan hilangnya beberapa kesempatan terhadap keuntungan yang seharusnya bisa didapat oleh Nissan Motor tapi jadi Nissan Computer yang mendapatkan  adsense.
Cara yang dilakukan seharusnya lebih dengan melakukan pendekatan secara damai dengan langusng mengajak Nissan Computer berunding dengan damai.Mungkin ini adalah jadi salah satu cara yang seharusnya bisa lebih baik dan tidak perlu masuk ke ranah hukum.

4.      4. Apakah keputusan pengadilan 'dalam hal ini adil bagi para pihak dan masyarakat umum?
Keputusan yang diambil pengadilan dalam hal ini adil2 aja karena tidak begitu berpengaruh terhadap Nissan Motor dengan tidak mendapatkan domain tersebut dengan tetap bisa melakukan penjualan dan pemasaran dengan domain yang ada. Dan juga tidak merugikan pihak Nissan Computer dengan tetep bisa melanjutkan usahanya dengan menggunakan domainnya untuk melakukan penjualannya karena bila merubah domain dapat membuat Nissan Computer kehilangan pangsa pasarnya.

No comments:

Post a Comment