Whaatttttssss uppppppppp Jakartaaa…
Bertemu lagi setiap minggunya menjelang hari rabuuu untuk beberapa saat ini aka nada update tentang informasi yang sekaligus tugas dari kuliah gw..
Hari ini gw mau berbagi apa yaa???ehhmmmmm…ga jauh2 dari E-Business…karena eamgn itu mata kuliah yang memberikan gw tugas untuk membuat karya indah dari coretan,goresan(apanya yang digores??),ketikan yang nantinya akan bergabung menjadi satu karena adanya Bhinneka Tunggal Ika yaitu menjadi sebuah informasi yang menarik,actual,tajam dan terpercaya (kayak tagline acara berita yaa..wahahahha)
Okeee sekarang kita langsung aja masukk ke topik kita hari ini…ada beberapa hall yang mau gw bagi dalam penulisan gw hari ini..
1. Private Stores on Seller's Site (One Seller, Many Buyer)
Yang pertama ini gw akan mencoba menjelaskan tentang website yang marketplacenya ada satu penjual dan ada banyak pembeli.Produk yang dijual pun sedikit dan spesifik dengan harga jual produk yang statis atau tetap.Disini kita akan mencoba membahas website yang seperti penjelasan diatas…yaitu Java Festival Production (Javajazz Festival) dan juga Java Musikindo.
Dua website ini adalah dua website yang sangat besar dan sudah sangat melekat di hati dan pikiran para penggemar event2 band dunia.
Di websitenya http://www.javajazzfestival.com/2012/ , website ini menjual ticket2 event yang mereka adakan. Dimana anda memesan by online di websitenya tersebut dan juga di website http://www.javamusikindo.com/ pun terdapat hal yang sama yaitu mereka menyajikan informasi tentang event2 yang akan mereka adakan dan juga menjual ticket2 event mereka by online.Java Festival Production yang di kepalai oleh Om Peter F. Gontha ini memiliki beberapa contoh event yaitu Java Jazz Festival, Java Rockinland, dan Java Soulnation.Mereka lebih menampilkan event2 festival dengan mengundang banyak musisi dalam satu event.
Lain halnya dengan Java Musikindo, Salah satu promotor terbesar di Indonesia ini yang di kepalai oleh Om Adrian Subono ini acap kali mendatangkan band2 dan solois didalam event2nya dan bukan merupakan suatu event festival.
Berikut adalah tampilan website dari Javajazz Festival dan Java Musikindo :
2. 2. Customer Portal (Few Seller, Many Buyer)
Nah yang kedua ini adalah tentang website yang marketplacenya ada satu penjual dan ada banyak pembeli.Produk yang dijual disini itu banyak dengan harga jual produk yang statis atau tetap. Nah disini gw coba mau angkat tentang web nya http://www.next.co.uk/ dan http://www.macbeth.com/ yang mana kedua web ini sesuai dengan marketplacenya seperti penjelasan diatas.Dimana sebagai penjual Next dan Macbeth menampilkan banyak katalog dari produknya di website tersebut.
Kedua website ini memiliki banyak produk unggulan yang mana salah satunya adalah sepatu.Sepatu yang ditawarkan oleh kedua website ini pun memiliki segmentasi sendiri2..
3. 3. Independent Industry Marketplaces (Many Seller, Many Buyer)
Kalau yang ketiga ini tentang website yang marketplacenya ada banyak penjual dan ada banyak pembeli serta menjual banyak beragam jenis produk dan harga yang beragam dan tidak tetap.
Disini kita akan mengangkat website http://www.ponseljakarta.com/ dan juga http://www.arenaponsel.com/ yang mana kedua website ini menghadirkan seperti penjelasan yang gw jelasin diatas. Kedua website ini memiliki banyak penjual dan beragam jenis produk yang dijual dengan berbagai merk. Kedua website ini juga menampilkan harga yang dinamis kepada customernya.Kalau mau meliat sebagai referensi gw juga sering lihat website ini untuk harga2 handphone..Tapi untuk langsung berbelanja gw sie blm pernah coba..hahahha
4. Consortia-sponsored Marketplaces (Few Buyer,Many Seller)
Masuk kedalam model berikutnya dimana disini marketplacenya dari website ini ada sedikit para pembelinya tapi memiliki banyak penjual dan untuk produk yang di jual ini spesifik dan pembeli memiliki peranan untuk mengontrol penjualan. Website yang akan kita bahas disini adalah http://www.javafurniture.com/web/ yang mana website ini adalah website furniture yang didalamnya terdapat banyak penjual yang memiliki produk spesifik dan pembeli dapat mengontrol penjualannya.Berikut adalah tampilan website dari http://www.javafurniture.com/web/ :
Masuk kedalam model berikutnya dimana disini marketplacenya dari website ini ada sedikit para pembelinya tapi memiliki banyak penjual dan untuk produk yang di jual ini spesifik dan pembeli memiliki peranan untuk mengontrol penjualan. Website yang akan kita bahas disini adalah http://www.javafurniture.com/web/ yang mana website ini adalah website furniture yang didalamnya terdapat banyak penjual yang memiliki produk spesifik dan pembeli dapat mengontrol penjualannya.Berikut adalah tampilan website dari http://www.javafurniture.com/web/ :
5. Private Company Marketplaces (One Buyer, Many Seller)
Yang kelima adalah website yang marketplacenya memiliki satu pembeli dan dsini penjualnya banyak dan memiliki kesempatan untuk memberikan penawaran pada pembeli tertentu..Dimana kita dapat ambil contoh dsini adalah website http://eproc.disbimairbanggai.net/index.php yang mana ini adalah website pengadaan dari E-Procurement Jasa Konstruksi Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Banggai dan juga http://202.146.177.137/eproc/app adalah website pengadaan dari E-Procurement dari LPSE Kabupaten Musi Banyuasin.Kedua website ini adalah salah satu contoh Private Company Marketplaces yang mana perusahaan Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Banggai dan LPSE Kabupaten Musi Banyuasin adalah sebagai pembeli tunggal.
Berikut adalah tampilan website dari Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Banggai dan LPSE Kabupaten Musi Banyuasin :
Nahh itulah beberapa informasi yang bisa gw sampein untuk contoh B2B di indonesia...
smoga berguna yaa...
Salam Si Pemimpi...
Rafki Chandra
Yang kelima adalah website yang marketplacenya memiliki satu pembeli dan dsini penjualnya banyak dan memiliki kesempatan untuk memberikan penawaran pada pembeli tertentu..Dimana kita dapat ambil contoh dsini adalah website http://eproc.disbimairbanggai.net/index.php yang mana ini adalah website pengadaan dari E-Procurement Jasa Konstruksi Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Banggai dan juga http://202.146.177.137/eproc/app adalah website pengadaan dari E-Procurement dari LPSE Kabupaten Musi Banyuasin.Kedua website ini adalah salah satu contoh Private Company Marketplaces yang mana perusahaan Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Banggai dan LPSE Kabupaten Musi Banyuasin adalah sebagai pembeli tunggal.
Berikut adalah tampilan website dari Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Banggai dan LPSE Kabupaten Musi Banyuasin :
Nahh itulah beberapa informasi yang bisa gw sampein untuk contoh B2B di indonesia...
smoga berguna yaa...
Salam Si Pemimpi...
Rafki Chandra
No comments:
Post a Comment